Kerajinan Tangan Dari Bahan Keras


Bingkai Unik Dari kardus 

1. Menyiapkan Alat Dan Bahan

Alat dan Bahan untuk membuat bingkai foto dari kardus
momontimeout.com
Bahan utama dari bingkai foto ini adalah kardus, kamu bisa memilih akan membuat bingkai dari kardus susu, sereal, atau kardus mie instan. Selain kardus, kamu juga membutuhkan peralatan seperti cutter, penggaris, spidol, lem, peralatan gambar, dan hiasan sesuai dengan desain bingkai yang ingin kamu buat.

2. Memotong Kardus

Memotong Kardus
smansaxmia5kel3.blogspot.com
Kamu bisa membuat ukuran bingkai 13×18 cm atau 15×20 cm, tergantung seberapa besar foto yang akan kamu letakkan di dalam bingkai. Setelah itu, tentukan lebar bingkai yang akan dibuat.
Misalkan kamu akan membuat bingkai yang ukurannya 13×18 cm,  lebar bingkai yang diinginkan adalah 5 cm. Kamu harus memotong kardus dengan menambahkan 5 cm dari ukuran awalnya. Jadi ukuran kardus yang harus kamu potong menjadi 18×23 cm.

3. Potong Lubang Untuk Foto

Membuat Pola Bingkai
makeiteasycrafts.com
Setelah kamu memiliki kardus dengan ukuran yang diinginkan, misalnya seperti contoh di atas ukurannya 18×23 cm. Langkah selanjutnya adalah melubangi bagian tengah kardus yang akan dijadikan sebagai tempat untuk memajang foto kita.
Caranya cukup mudah, cukup tempelkan foto tepat di bagian tengah kardus. Setelah itu, buat garis mengikuti ukuran foto, lalu tinggal kamu potong deh kardusnya mengikuti garis yang sudah dibuat.

4. Membuat Garis Dalam Bingkai

Inner Liner Bingkai Foto
instructables.com
Garis di dalam bingkai ini biasa disebut juga sebagai inner liner. Tujuan dari inner liner ini adalah agar hasil dari bingkainya nanti terlihat lebih bagus.
Cara membuatnya cukup mudah, kamu cukup mengambil kertas yang agak tebal berwarna putih atau hitam. Potong seukuran bingkai yang telah dibuat. Lalu buat lubang yang ukurannya lebih kecil dari bingkai awal.

5. Hias Bingkai Foto

Bingkai Foto
dettiku.com
Pada tahap ini, kamu bebas mengekspresikan ide yang ada di dalam kepala untuk menghias bingkai. Kamu bisa menggunakan cat akrilik, bunga-bunga, pita, atau hiasan lainnya yang membuat bingkai terlihat lebih menarik.
Buat hiasan seindah mungkin sesuai dengan foto yang akan kamu taruh di dalam bingkai. Agar, nantinya foto dan bingkainya terlihat lebih indah.

6. Membuat Bagian Belakang Bingkai

Lem Semua Sudut Bingkai
hans-blog12.blogspot.co.id
Bagian belakang bingkai ini dibuat dari bahan yang sama untuk membuat bagian depan bingkai. Atau, kamu juga bisa menggunakan karton atau kertas yang tebal.
Cara membuat bagian belakang bingkai adalah dengan memotong kardus seukuran bingkai yang sudah kita buat. Lalu berikan lem di setiap sudut bingkai dan rekatkan semua bagian, bingkai luar, inner liner, dan foto.
Untuk hasil yang lebih baik dan agar bingkai awet, kamu bisa menambahkan pelindung berupa plastik bening di atas foto. Jadi, kalau diurutkan dari atas, pertama adalah bingkai luar, inner liner, plastik bening, foto, baru yang terakhir bingkai bagian belakang.

7. Membuat Penyangga

 Penyangga Bingkai Fotonewlifenewpurpose.wordpress.com
Membuat bingkai foto tentu tujuannya untuk dipajang kan? Nah, maka dari itu, kita perlu membuat penyangga agar nantinya bingkai foto bisa berdiri.
Pilih kardus dengan ukuran yang tebal, lalu potong dengan bentuk seperti dasi atau lihat pada gambar di atas. Tempelkan bagian ini di bagian belakang bingkai dan selesai sudah bingkai foto dari kardus yang kita buat.


sumber : https://masfikr.com/cara-membuat-bingkai-foto-dari-kardus/
https://www.youtube.com/watch?v=TgtC6GYYKqc

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKHNOLOGI YANG TERINSPIRASI DARI JARINGAN TUMBUHAN

Jenis Umbi-Umbian Dan Manfaat