Cara Membuat Kerajinan Tangan Clay dari Sabun

Cara Membuat Clay dari Sabun [Cara 3]


Selain menggunakan segala macam bahan yang terbuat dari tepung, clay juga dapat dibuat dengan menggunakan sabun mandi batangan.
Hasil dari clay yang terbuat dari bahan sabun mandi batangan akan cenderungan lembut karena bahan sabun pada umumnya mengandung parafin dan minyak.
Clay jenis ini sangat cocok untuk dibuat kerajinan tangan atau hiasan untuk dinding di rumah kamu.

Cara Membuat Clay Dari Sabun

Hasil gambar untuk clay dari sabun

Persiapan dan Bahan

  • 1 buat sabun mandi batangan, merknya boleh apa aja
  • Tepung terigu secukupnya
  • Lem putih / lem kayu secukupnya
  • 1 sendok teh garam dapur yang bertekstur halus
  • Pewarna makanan sesuai dengan selera

Langkah Langkah Membuat Clay Sabun

  1. Pertama, ambil satu sabun batangan kemudian di iris atau rajang kecil-kecil. Kemudian rendam irisan sabun tersebut ke dalam air kira-kira setinggi irisan tersebut.
  2. Diamkan rendaman tersebut sampai sabun tersebut menjadi lembek, kurang lebih 3 – 3,5 jam perendaman. Jika sabun sudah lembek, langkah selanjutnya adalah buah setengah airnya lalu haluskan sabun tersebut dengan menggunakan sendok.
  3. Setelah itu masukan tepung terigu, garam dapur, dan juga lem putihnya. Ukur saja dengan takaran yang pas. Masukan sedikit demi sedikit tepung terigu dan lem putihnya dalam adonan. Kira-kira perbandingannya 1 : 1,5.
  4. Kemudian setelah itu uleni semua adonan sampai tercampur rata. Jika belum kalis tambahkan lagi tepung terigunya atau lem putihnya sampai adonan menjadi kalis.
  5. Jika adonan sudah kalis, berarti kamu telah berhasil membuatnya. Tapi agar terlihat lebih cantik, silahkan tambahkan pewarna sesuai dengan selera kamu. Selanjutnya uleni kembali adonan sampai pewarna tercampur rata.
  6. Sekarang clay sudah siap dibuat untuk kerajinan tangan atau mainan. Kamu tinggal membentuknya sesuai dengan keinginan kamu. Jika adonan clay masih ada sisa atau tidak digunakan lagi, maka sebaiknya clay disimpan dalam wadah tertutup agar clay tidak mengering dan menjadi keras.
Sumber : https://sahabatnesia.com/cara-membuat-clay/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKHNOLOGI YANG TERINSPIRASI DARI JARINGAN TUMBUHAN