Jenis Umbi-Umbian Dan Manfaat

UMBI-UMBIAN


1.  Pengertian Umbi-Umbian 

ubi umbian      Umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk (pembengkakan) sebagai akibat perubahan fungsinya. Perubahan ini berakibat pula pada perubahan anatominya. Organ yang membentuk umbi terutama batang, akar, atau modifikasinya. Hanya sedikit kelompok tumbuhan yang membentuk umbi dengan melibatkan daunnya. Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah, meskipun dapat pula terbentuk jauh di dalam maupun di atas permukaan. Beberapa tanaman umbi-umbian yang dimanfaatkan sebagai makanan pokok.


          Umbi-umbian digunakan sebagai sumber bahan makanan pokok karena mempunyai kandungan karbohidrat dalam bentuk patinya yang tinggi dan kandungan serat yang tinggi. Namun pemanfaatan umbi-umbian masih belum maksimal karena dianggap sebagai makanan tradisional yang kurang berkelas. Tentu hal ini tidak patut dilakukan, Tuhan menciptakan manusia, tumbuhan dan hewan tentu memiliki manfaat masing-masing. Kita sebagai manusia yang berfikir dan cerdas patut mengapresiasi dan mensyukuri atas karunia Tuhan ini.
          Umbi-umbian yang umumnya banyak dibudidayakan adalah ubi jalar, singkong, talas dan kentang. Jenis umbi lainnya seperti ganyong, uwi, gadung, gembili juga dibudidayakan, namun hanya pada daerah tertentu yang memilikinya saja.

2. Jenis-Jenis Umbi-Umbian dan Manfaatnya

    a)  Ubi Jalar
    Terdapat tiga jenis ubi jalar yang populer dibudidayakan di Indonesia yaitu ubi jalar berwarna putih kecoklatan, merah dan ungu. Ketiga jenis ubi jalar tersebut memiliki varietas unggul dengan produktivitas tinggi. Beberapa varietas ubi jalar yang populer antara lain cilembu, ibaraki, lampeneng, georgia, borobudur, prambanan, mendut, dan kalasan. Bagian yang dimanfaatkan dari ubi jalar adalah akarnya yang membentuk umbi.
        Ubi jalar merupakan salah satu bahan makanan yang sangat sehat dan sangat baik. Hal ini karena ubi jalar memiliki kandungan gizi karbohidrat kompleks yang tinggi, sehingga membuat energi tidak sekaligus terlepas, melainkan secara bertahap. Ubi jalar juga mengandung vitamin C tinggi berguna untuk merawat elastisitas kulit, serta vitamin A dan beta carotene dari warna ungu, oranye dan merah ubi untuk melindungi paru dan mencegah kanker paru dan kanker mulut. Kandungan gizi per 100 gram masing-masing ubi jalar adalah sebagai berikut (Suprapti, 2003)


NoManfaat
1.Cocok bagi penderita diabetes karena Ubi Jalar dapat mengontrol kadar gula darah.
2.Mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah serangan jantung
3.Mengandung kalium yang berfungsi menstabilkan tekanan darah dan dapat mengurangi stres.
4.Mengandung serat yang tinggi untuk melancarkan pencernaan
      
         Ubi jalar merupakan makanan yang memiliki rasa manis yang bebas lemak (indeks glikemiknya rendah), sehingga cocok bagi penderita diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah. Selain itu, juga mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah sertangan jantung dan kalium yang berfungsi menstabilkan tekanan darah dan dapat mengurangi stres. Serat tinggi dan kandungan zat besi, folat, tembaga, dan mangan pun ada pada ubi jalar.

    b)  Ubi Kayu
      Singkong/ubi kayu merupakan tanaman perdu dengan akar tunggang dan sejumlah akar cabang yang membesar menjadi umbi akar. Singkong yang dimakan bagian dalam umbinya yang berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena mengandung banyak karbohidrat, namun miskin protein. Sementara daunnya sumber zat besi yang sangat berguna dalam pembentukan sel-sel darah merah, maka daun singkong yang masih muda dimakan sebagai lalap atau dibuat sayur daun singkong. Daun singkong mengandung Protein 6.8 gram, Kalsium 165 mg, Fosfor 54 mg, Besi 2.0 mg, Vitamin A 11000     IU, dan Vitamin C 275 mg. berikut adalah manfaatnya;

NoManfaat
1.Dapat melancarkan pencernaan karena singkong banyak mengandung serat yang sulit larut di dalam air
2.Sebagai obat luka bernanah dan terbakar. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara menumbuk lalu tempelkan pada luka.
3.Sebagai obat panas dalam, caranya dengan diparut terlebih dahulu lalu diambil air perasannya.
4.Sebagai makanan untuk diet karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti

    c)  Talas
     Talas adalah tumbuhan yang hampir 90% bagiannya dapat dimanfaatkan. Bagian tanaman talas yang dapat dimakan yaitu umbi, tunas muda dan juga tangkai daun. Sedangkan pada pelepah dan daun talas dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat, maupun pembungkus sebuah makanan. Bagian yang tidak dapat dimakan hanyalah akar-akar serabutnya saja. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang ada di tanaman talas:

NoManfaat
1.Kandungan serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan.
2.Mengonsumsi talas rebus tanpa tambahan apapun dapat menjaga kolestrol darah tetap rendah, dan mencegah resiko gangguan jantung dan juga tekanan darah tinggi.
3.Secangkir talas mengandung vitamin C yang baik untuk memperkuat pertahanan tubuh.
4.Kandungan betakaroten pada tanaman talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan juga meningkatkan fertilitas.

    d)  wortel
Hasil gambar untuk jenis jenis umbi umbian dan manfaatnya beserta gambar         Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.


          Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.
       Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.
    e)  Kentang
Hasil gambar untuk jenis jenis umbi umbian dan manfaatnya beserta gambar     Kentang adalah salah satu tanaman tahunan yang paling banyak ditanam diseluruh dunia. Ia merupakan tanaman semusim cocok ditanam di dataran tinggi yang dimanfaatkan untuk dimakan umbi batangnya. Penduduk Eropa dan Amerika Serikat memanfaatkan kentang sebagai makanan pokok, namun sekarang banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai makanan alternatif untuk program diet.
        Hal ini dikarenakan kentang kaya akan nutrisi, merupakan sumber karbohidrat dengan kandungan tepung dan gula yang tinggi, vitamin dan serat. Kentang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan nasi, karena memiliki kandungan protein dan mineral yang lebih lengkap. Nilai nutrisi kentang per 100gram adalah sebagai berikut. 
Dengan banyaknya kandungan gizi maka kentang juga memiliki banyak manfaat, antara lain:
  • Kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi.
  • Melawan penyakit, seperti penyakit jantung, gangguan saraf, tumor dan dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat dan kanker rahim. Kentang segar dengan kulitnya kaya antioksidan dari vitamin C.
  • Baik untuk kesehatan kulit wajah dengan membalurkan parutan kentang di wajah dapat membuat kulit wajah bersinar dan mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Mengurangi kadar kolestrol, karena kalorinya rendah.
  • Baik untuk perkembangan otak karena adanya zat besi dan tembaga. Dapat menghilangkan stress pikiran karena kandungan vitamin B6.

    f)  Kimpul
Hasil gambar untuk kimpul    Talas belitungkimpul atau bentul (Xanthosoma sagittifolium) adalah spesies tumbuhan berbunga tropis dari genus Xanthosomayang menghasilkan umbi-umbian berpati yang dapat dimakan. Tanaman ini termasuk suku talas-talasan (Araceae) yang berasal dariAmerika tropis, namun kini telah tersebar di berbagai bagian dunia.[5] Di Bolivia, tanaman ini disebut dengan walusa, di Kolombiadisebut dengan bore, di Kosta Rika tiquizque atau macal, di Meksiko mafafa, di Nikaragua quequisque, dan di Panama otoy.

            Dibawa masuk ke Asia pada sekitar abad ke-19[5], tanaman ini dikenal di Indonesia dengan pelbagai nama seperti kimpul (Sd.);kimpul, bentul, linjik (Jw.); dilago gogomo (Hal.)[6]. Ada pula yang menyebutnya belitung, kimpul bodas, kimpul hideung (Sd.), sertabisono, busil, dan bothe (Jw.).


sumber;
http://www.mikirbae.com/2015/06/jenis-umbi-dan-manfaatnya.html
http://www.academia.edu/30466797/10_macam_umbi_dan_fungsinya
http://www.kerjalebah.com/2017/06/jenis-umbi-serta-manfaatnya.html
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=502211123281116&id=499051560263739
http://blognyaandrikiswantoro.blogspot.co.id/2016/01/jenis-jenis-tanaman-umbi.html
http://madeinbektiutamikumai.blogspot.co.id/2013/02/10-jenis-umbi-umbian.html
https://www.google.co.id/search?q=jenis+jenis+umbi+umbian+dan+manfaatnya+beserta+gambar&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjp0pWv6JzVAhWGuo8KHX_RCXgQ_AUICigB&biw=1366&bih=630#imgrc=4UfuK3VIqxjQPM:
https://id.wikipedia.org/wiki/Wortel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKHNOLOGI YANG TERINSPIRASI DARI JARINGAN TUMBUHAN