Hukum III Newton

HUKUM III NEWTON

1.  Pengertian 
          Hukum III Newton adalah “Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan”.
Hasil gambar untuk gambar hukum newton 3          Maksud dari hukum newton 3 yaitu suatu benda baru akan berinteraksi apabila ada yang memberinya gaya, bentuk interaksi tersebut dengan membalas gaya yang telah diberikan ke pada benda tersebut ke arah sebaliknya
         
Gaya tidak pernah bekerja pada satu benda, melainkan selalu bekerja pada dua benda dan setiap gaya selalu mempunyai dua ujung, ujung satu ke benda satu, dan ujung dua ke benda kedua.
Kebenaran Hukum III Newton dapat ditunjukkan dengan contoh mendorong meja diatas. Perhatikan tangan kita ketika mendorong ujung meja. Bentuk tangan kita menjadi berubah, bukti nyata bahwa sebuah gaya bekerja padanya. kita bisa melihat sisi meja menekan tangan kita. Mungkin kita bahkan bisa merasakan bahwa meja tersebut memberikan gaya pada tangan kita; rasanya sakit! Makin kuat kita mendorong meja itu, makin kuat pula meja tersebut mendorong balik. Perhatikan bahwa kita hanya merasakan gaya yang diberikan pada kita, bukan gaya yang kita berikan pada benda-benda lain.
2.  Rumus Hukum III Newton:
     1) Gaya Gesek
         
    2) Gaya Berat
        
    3)  Berat Sejenis
         
3. Contoh Hukum III Newton  Dalam Kehidupan Sehari-hari:
hukum newton 3
  • Bola basket yang dipantulkan ke tanah akan memantul kembali
  • Seseorang yang duduk di atas kursi berat badan mendorong kursi ke bawah sedangkan kursi mendorong (menahan) badan ke atas.
  • Seseorang yang memakai sepatu roda dan mendorong tubuhnya ke dinding, maka dingin akan mendorong balik sebesar gaya dorong yang dikeluarkan, sehingga menjauhi dinding.
  • Adanya gaya magnet, gaya listrik, dan gaya gravitasi juga termasuk contoh hukum newton 3

Smber: 
http://www.yuksinau.id/hukum-newton-1-2-3/
http://www.areabaca.com/2014/12/hukum-iii-newton.html
http://www.jatikom.com/2017/04/penjelasan-hukum-newton-1-2-3-rumus-contoh-terlengkap.html
http://dokterfisika.blogspot.co.id/2016/07/bunyi-hukum-newton-3-lengkap-dengan-rumus-dan-contohnya-dalam-kehidupan.html
http://fisikazone.com/hukum-iii-newton/http://fisikazone.com/hukum-iii-newton/
https://www.youtube.com/watch?v=fzwudnkBGj0

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKHNOLOGI YANG TERINSPIRASI DARI JARINGAN TUMBUHAN